Friday, October 14, 2016

Khasiat Daun Tapak Dara Bagi Kesehatan Tubuh

Tapak dara adalah tanaman liar yang tumbuh sampai 1 meter. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Catharanthus roseus L, batangnya bercabang dan tegak, bunganya majemuk yang muncul pada ketiak daun berwarna putih dan merah keunguan. Sedangkan untuk daunnya berbentuk oval berwarna hijau tua. Karena jumlahnya banyak, daunnya akan membuat terlihat rimbun.

Khasiat Daun Tapak Dara
Gambar daun tapak dara (sumber : google.com)
Tanaman ini juga memiliki buah yang memiliki biji bunga berwarna hitam. Berasal dari kawasan Amerika Tengah, tanaman ini bisa tumbuh 800 mil diatas permukaan laut. Untuk membudidayakannya dapat dilakukan dengan menanam biji, setek, dan peremajaan dengan cara memangkas cabang untuk tanaman yang tua.

Kandungan tapak dara cukup banyak, diantaranya adanya 70 jenis alkaloid, salah satunya adalah 28 bi-indole alkalaoid, alkaloid penurun gula darah, dan alkaloid anti kangker. Alkaloid tersebut dapat diperoleh dari daun, biji, dan akarnya.

Khasiat daun tapak dara bagi kesehatan :

Luka bakar.

Anda dapat menggambil 5 sampai 8 lembar daun tapak dara, cuci bersih daun tersebut, campurkan dengan 1 gengam beras, tumbuk hingga halus daun tersebut dengan beras, lalu beri sedikit air. Tempelkan ramuan tersebut di bagian tubuh anda yang terkena bakar. Jika ingin hasil yang maksimal lakukan dengan rutin sampai luka tersebut mengering.

Diabetes

Anda dapat mengambil 10 lembar daun tapak dara dan satu gengam ceplukan segar (phisalis peruvianaql) kedua nya dicuci hingga bersih,campurkan 3 gelas air, lalu rebus daun dan buah tersebut hingga tersisah minimal separuh nya. Dan minum sebanyak 2 kali sehari.

Ginjal

Anda dapat mengambil 15 lembar daun tapak dara dan 10 lembar daun keji beling. Cuci bahan bahan tersebut hingga bersih. Lalu campurkan 3 gelas air dan rebus hingga tersisa minimal separuh nya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Darah Tinggi (hipertensi)

Lakukan perebusan 16 – 20 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 10 gram bunga krisan dengan 2,5 gelas air bersih hingga mendidih kemudian disaring. Diminum lakukan setiap sore hari.

Leukimia

Lakukan perebusan 20-25 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 1 liter air dan adas pulawaras setelah itu disaring. Kemudian diminum 2 x dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Radang Perut dan Disentri

Rebus 15 – 30 gram daun tapak dara kering dengan 3 gelas air sampai mendidih. Kemudian diminum pagi dan sore, dapat ditambah dengan gula kelapa.

Kurang darah

Rendam 4 putik bunga tapak dara putih dengan 1 gelas air, biarkan semalam, ditaruh di luar rumah semalam. Kemudian diminum pagi hari dan lakukan secara teratur.

Demam

Rebus 1 genggam (12 -20 gram) daun tapak dara, 3 potong batang dan akar tapak dara dengan 4 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1,5 gelas. Tambahkan gula kelapa, kemudian diminum pagi dan sore.

Tangan gemetar

Seduh 4 – 7 lembar daun tapak dara dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Diminum seperti biasa.

Gondong, bengkak, bisul dan borok

Lakukan dan Tumbuk halus 1 genggam daun tapak dara. Selanjutnya tempelkan daun yang sudah di tumbuk pada bagian luka yang sakit.

DEmikian yang saya jelaskan tentang khasiat daun tapak dara bagi kesehatan yang berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai jensi penyakit-penyakit seperti yang saya jelaskan di atas dan agar anda selalu sehat lakukanlah obat tradisional alami ini di rumah dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Daun Tapak Dara Bagi Kesehatan Tubuh