Monday, January 11, 2016

Manfaat Khasiat Daun Sage Bagi Kesehatan Tubuh

Sage adalah salah satu tanaman yang memiliki fungsi ganda, yaitu fungsi dalam masakan dan juga fungsi dalam pengobatan, khususnya pengobatan alternatif. Sage adalah tanaman yang berbentuk semak-semak. Tanaman yang satu ini biasanya hidup di dataran rendah. Daun dari sage tersebut berbentuk lonjong dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Anda mungkin akan kesulitan merasakan tekstur dari daun sage ini.

Khasiat Daun Sage
Gambar daun sage (sumber : google.com)

Seperti yang dikemukakan sebelumnya, sage ini memiliki fungsi ganda. Fungsi pertamanya adalah anda dapat menggunakan sage ini dalam masakan anda. Dikemukakan dalam nourishedkitchen.com, anda bisa menambahkan sage pada saat anda sedang memanggang daging binatang unggas seperti ayam dan bebek. Selain itu, bagi anda yang beragama non muslim, anda bisa menggunakan sage ini untuk membersihkan daging babi yang akan anda masak.

Daun sage banyak digunakan sebagai bumbu masak dapur di Eropa. Aroma harumnya sering digunakan untuk menambah aroma bumbu masakan olahan daging dan seafood. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman yang memiliki nama ilmiah salvia officinalis L ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Warna daunnya hijau keabu-abuan dengan bunga berwarna biru keunguan.

Dalam masakan, daun sage biasa digunakan dalam kondisi segar maupun kering. Rasanya sedikit peda dan agak pahit. Aroma khasnya akan semakin terasa jika ditaburi di atas masakan yang dipanggang.

Daun sage kering juga bisa dijadikan teh. Selain itu, daun sage juga mengandung minyak atsiri dan zat aktif lainnya. Zat ini berfungsi sebagai obat untuk menyembuhkan gigitan ular, meningkatkan kesuburan, sebagai antibiotok dan bersifat diuretik (melancarkan buang air kecil).

Dalam hal kesehatan, sage ini bisa anda gunakan untuk mengembalikan selera makan anda yang hilang. Fungsi lain dari sage ini dalam bidang kesehatan adalah untuk meredakan peradangan yang anda derita, khususnya peradangan pada mulut anda. Jadi, jika anda sedang menderita sariawan, sage ini mampu menyembuhkan penyakit anda yang satu ini.

Di samping itu, sage juga berguna dalam hal produksi air susu ibu. Beberapa ibu yang sedang menyusui mungkin mengalami permasalahan dalam produksi air susu mereka. Salah satu permasalahan itu adalah berlebihnya produksi air susu ibu menyusui tersebut sehingga banyak air susu yang tidak diminum oleh bayi mereka. Untuk itu, ibu-ibu yang sedang menyusui tersebut bisa menggunakan sage ini untuk sedikit memperlambat produksi air susu mereka.

Khasiat daun sage :

Dalam bahasa Latin, Sage memiliki arti ‘menyelamatkan’. Sage dapat digunakan dalam bentuk segar, kering dan diawetkan. Biasanya, jika seseorang yang akan mengawetkan daun sage akan merendamnya dalam minyak zaitun sehingga akan bertahan hingga dua bulan.

Adapun manfaat daun sage untuk tubuh adalah untuk melancarkan pencernaan dan mengobati penyakit peradangan sehingga sangat dianjurkan untuk penderita asma dan radang sendi.

Demikian penjelasan tentang khasiat daun sage bagi kesehatan tubuh yang berfungsi untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sering mangganggu kesehatan kita dan agar selalu sehat kita gunakan cara tradisional yang alami tidak tercampur bahan kimia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Khasiat Daun Sage Bagi Kesehatan Tubuh