Thursday, October 13, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Masuk Angin

Badan kita kalau sering begadang, bepergian malam naik motor atau mobil tubuh kita sering merasa kedinginan apalgi di musim penghujan segala penyakit mudah datang dan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Masuk angin saat tubuh terasa dingin pasti menyerang tubuh kita tidak hanya anak-anak semua usia bisa terserang penyakit yang satu ini. Saya akan menjelaskan tentang apa penyebab masuk angin, gejalanya, cara mengatasinya, dan tips agar tidak terkena masuk angin di bawah ini mudah-mudahan info yang saya berikan bisa bermanfaat buat semuanya.

Cara Mengatasi Masuk Angin
Gambar cara mengatasi masuk angin (sumber : Google.com)


Ramuan obat tradisional seperti kencur, temulawak, dan rempah lain dapat digunakan sebagai alternatif penyembuhan masuk angin yang Anda derita. Misalnya ramuan antara rempah kencur dan juga garam juga bisa dijadikan obat. Sediakan rempah kencur sekitar satu rimpang dan juga garam secukupnya. Kupas kemudian cuci kencur hingga bersih. Anda dapat mengkonsumsi langsung kencur dengan ditambah sedikit garam, konsumsi secara rutin 2x sehari hingga masuk angin yang Anda rasakan reda. Selain itu, ramuan obat masuk angin tradisional dengan menggunakan bahan bawang juga dapat dijadikan alternatif.

Sediakan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas bersih, madu 2 sdm dan juga gula secukupnya. Haluskan bawang putih, kemudian campur dengan madu dan gula. Minum sari dari ramuan tersebut setiap pagi secara rutin hingga Anda sembuh. Alternatif ramuan campuran antara kencur, jahe, dan juga kapulaga dipercaya dapat pula meredakan masuk angin. Rebuslah 15 gram jahe, 25 gram kencur, dan 3 butir kapulaga kedalam 400 cc air. Didihkan dan tunggu hingga air menyusut hingga setengah. Minumlah air rebusan tersebut 2x sehari dalam keadaan hangat hingga gejala masuk angin Anda hilang.

Apa Penyebab Masuk Angin ?

Seperti halnya penyebab sakit maag, sering masuk angin juga merupakan awal atau pertanda gejala sakit maag (baca Cara Mengatasi Sakit Maag). Penyebab masuk angin adalah kurang tidur, stress dan sibuk yang menyebabkan sering menunda waktu makan, perubahan cuaca ektrim dari cuaca panas ke cuaca dingin, capek, bahkan terlalu banyak ketawa juga bisa menyebabkan masuk angin.

Gejala masuk angin :

Nah apabila mengalami atau merasakan hal-hal berikut di indikasikan bahwa anda menderita masuk angin seperti :

1. Mual dan muntah.
2. Meriang.
3. Kepala terasa pusing.
4. Berkeringat dingin.
5. Perut kembung
6. Selalu merasa kedinginan.
7. Mudah lelah.
8. Sering mengantuk.
9. Sering cegukan.
10. Nafsu makan hilang.

Cara mengatasi masuk angin :

Kerokan

Kerokan adalah cara tradisional orang Indonesia untuk mengatasi masuk angin. Metode ini biasanya dilakukan dengan menggosok bagian punggung dengan balsem atau minyak kayu putih, lalu "mengeroknya" dengan koin. Proses ini dilakukan sampai seluruh bagian punggung meninggalkan bekas warna kemerahan atau keungun-unguan. Secara ilmiah, kerokan bisa menyembuhkan masuk angin karena saat dikerok tubuh kita akan menghasilkan zat alami Thiamin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Biasanya, kerokan dilakukan di periode awal masuk angin untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih parah.

Saat bepergian malam

Salah satu penyebab utama masuk angin adalah bepergian di waktu malam. Angin malam sangat dingin dan mengandung banyak kandungan zat asam arang (karbondioksida) yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Belum lagi udara malam yang dingin yang membawa pengaruh buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari keluyuran di malam hari. Jika anda harus menempuh perjalanan di malam hari, terutama di atas motor, pastikan untuk mengenakan jaket yang tebal. Bungkus rapat kepala anda dengan helm, kenakan sepatu, dan bila perlu pakai masker untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

Madu dan teh lemon

Campuran ini mungkin bisa dibilang sebagai obat alami masuk angin yang paling enak dikonsumsi. Madu dipercaya mempunyai kandungan gizi yang bisa mempercepat proses regenerasi dan peremajaan sel-sel tubuh. Teh memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, yang bisa membuat tubuh rileks dan bermanfaat membunuh zat-zat dan bakteri asing. Sementara di dalam lemon terdapat kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda mengalami masuk angin atau merasakan tanda-tanda akan masuk angin, jangan ragu untuk membuat campuran teh lemon dan madu. Konsumsilah sebelum tidur untuk efek yang lebih maksimal.

Konsumsi bawang putih

Bawang putih memiliki banyak khasiat yang sangat berguna untuk tubuh. Selain berfungsi ampuh untuk mengatasi sakit gigi, bawang putih juga bermanfaat untuk menanggulangi masuk angin. Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurkannya ke dalam makanan, atau lebih baik lagi jika menggerusnya, memberi sedikit garam, dan memakannya mentah-mentah. Sup bawang biasanya juga menjadi alternatif untuk mengobati masuk angin. Kandungan zat allicin di dalam bawang putih cukup tinggi, dan zat ini memiliki fungsi sebagai antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh.

Jangan terlalu sering minum es

Biasanya ini nasihat yang sering diberikan oleh orang tua kita saat masih anak-anak. Memang, terlalu banyak mengonsumsi es bisa menimbulkan masuk angin, terutama pada periode pergantian cuaca. Saat cuaca panas terik, minum es memang bisa menghilangkan dahaga secara instan, namun sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan. Selain itu, es yang dijual di warung-warung, terutama di pedagang kaki lima biasanya kurang higienis. Banyak yang terbuat dari air mentah, ada yang gelas tempat esnya tidak dicuci bersih, dan sebagainya. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mengonsumsi es yang dibuat sendiri.


Tips mengatasi masuk angin :

Untuk mencegah terjadinya masuk angin sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi pemicu diatas, yang terpenting hindari stress dan kesibukan yang banyak menyita waktu sehingga selalu terlambat dari jadwal waktu makan, atur waktu sebaik mungkin. Hindari minum kopi sebab kopi membuat perut terasa penuh dan akan menghilangkan selera nafsu makan, jika kebanyakan minum kopi bersiap-siaplah menderita perut kembung yang bisa memicu terjadinya masuk angin dan sakit maag. Sering masuk angin biasanya juga kerap dialami bagi penderita darah rendah, walaupun perbedaan kekebalan tubuh setiap penderita darah rendah cenderung berbeda namun penderita darah rendah biasaya rentan terhadap cuaca dan udara dingin.

Demikian penjelasan yang saya uraikan tentang penyebab dan cara mengatasi masuk angin yang sering menyerang tubuh kita karena terlalu banyak begadang atau sering jalan malam yang perlu anda ketahui agar selalu hidup sehat secara alami dan tidak terserang penyakit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Masuk Angin