Sunday, January 3, 2016

Manfaat Khasiat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Selada biasanya dikonsumsi banyak orang sebagai lalapan saja, walaupun mungkin juga ada yang memasaknya. Selada tentunya sangat sehat untuk kesehatan tubuh manusia karena selada mengandung nutrisi dan vitamin, asam folat, dan finonutien yang tak kalah dengan jeruk ataupun bayam. Kandungan selada ternyata dapat melindungi paru-paru, mencegah kanker dan stroke, memelihara hati, serta mengatasi anemia dan bronkitis. Selada memiliki nama latin Lactuca Sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae.

Manfaat Daun Selada
Gaambar daun selada (sumber : google.com)

Klasifikasi Tanaman Selada

Devenisi : Spermatophyta (Tanaman berbiji)
Sub devenisi : Angiospermae (Biji berada dalam buah)
Kelas : Dicotyledoneae (Biji berkeping dua atau biji belah)
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae (compositiae)
Genus : Lactuca
Species : Lactuca sativa

Kandungan Gizi Daun Selada :

Nama Bahan Makanan : Selada
Nama Lain atau Alternatif : -
Banyaknya Selada yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Selada yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 69 %
Jumlah Kandungan Energi Selada = 15 kkal
Jumlah Kandungan Protein Selada = 1,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Selada = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Selada = 2,9 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Selada = 22 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Selada = 25 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Selada = 1mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Selada = 540 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Selada = 0,04 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Selada = 8 mg

Manfaat Daun Selada Adalah Sebagai Berikut :

Sumber vitamin A
Selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Selada segar mengandung banyak vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan juga penglihatan Anda.

Mencegah penuaan dini
Selada mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan. Zat ini selain mampu mencegah penuaan dini juga mampu mencegah penyakit katarak. Selain itu, kandungan flavonid di dalamnya mampu menghindarkan Anda dari serangan kanker paru-paru dan kanker mulut.

Menguatkan tulang
Kandungan vitamin K di dalamnya mampu memperkuat tulang karena vitamin K akan meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer.


Menjaga berat badan
Selada memiliki kalori yang rendah sehingga sangat baik untuk pelaku diet , rata-rata hanya 1 - 50 per porsi. Selada juga kaya air, memungkinkan tubuh untuk terhidrasi. Selada juga mengandung serat, yang membantu pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Membantu penderita sembelit
Selada mengandung serat makanan yang dapta membantu usus bergerak lebih mudah sehingga membantu pencernaan. Selada juga terbukti mengobati gangguan asam lambung, arthritis, katarak, masalah peredaran darah, dan kolitis.

Membantu dalam pemulihan jaringan
Selada mengandung magnesium yang tinggi yang berperan penting dalam pemulihan jaringan, saraf, otak, dan otot. Juga berkontribusi memperpendek waktu pemulihan. Makan selada bisa mempercepat bangkitnya kembali otot-otot lelah, jaringan, dan saraf.

Menyediakan nutrisi selama kehamilan dan menyusui
Selada membantu mencegah anemia megaloblastik selama kehamilan karena mengandung asam folat.

Melawan penyakit
Selada mengandung beta-karoten yang merupakan pejuang melawan penyakit. Penyakit tertentu seperti katarak, stroke, penyakit jantung, dan kanker dapat dilawan dengan makan selada.

Mencegah kanker
Menurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, makanan yang kaya vitamin A dan C dapat membantu mencegah kanker tertentu. Selada mengandung kedua vitamin tersebut.

Meredakan sakit kepala
Jus daun selada bila dicampur dengan minyak mawar, lalu ditempelkan pada dahi, dapat membantu meredakan sakit kepala sehingga dapat menjamin tidur nyenyak.

Mencegah cacat lahir
Selada kaya akan asam folat, yang dikenal membantu mencegah cacat lahir pada tahap awal kehamilan. Juga mencegah anemia.

Melawan insomnia
Mengonsumsi selada membantu melawan insomnia karena mengandung zat yang menginduksi tidur yang disebut lactucarium. Ini adalah zat candu ringan yang ada pada hampir semua jenis selada.

Meningkatkan kesehatan hati
Selada juga diyakini berkontribusi terhadap kesehatan hati.

Merawat rambut rontok
Campuran jus selada dan jus bayam dikatakan baik bagi mereka yang terganggu oleh masalah rambut rontok.


Meningkatkan kesuburan
Selada segar kaya akan folat dan vitamin C. Folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit.

Kaya akan mineral
Selada merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasioum. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Itulah pembahasan tentang manfaat daun selada bagi kesehatan tubuh yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang sangat merugikan kesehatan kita maka dari itu kita harus mencegah penyakit tersebut dengan cara tradisional agar selalu terjangkau dari penyakit dan selalu hidup sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Khasiat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh