Sunday, March 13, 2016

Manfaat Khasiat Bambu Tali untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Khasiat Bambu Tali untuk Kesehatan Tubuh

Bambu tali ( Asparagus cochinchinensis ) dapat Menbobati TBC dan KANKER termasuk kelas Monocotyle doneae, ordo Graminales, subfamili Dendrocalamae, genus Dendrocalamus, spesies Dendrocalamus asper. Dalam pertumbuhannya, rebung tersebut akan berubah menjadi tanaman bambu lengkap dalam waktu 2-4 bulan. Sehingga, ketika kita akan memanfaatkan rebung tersebut sebagai bahan sayuran, sebaiknya melakukan panen rebung sebelum tumbuhan tersebut berubah menjadi tanaman bambu dewasa. Karena biasanya rebung yang diambil adalah rebung yang tidak bisa tumbuh dewasa. Masyarakat khususnya di pedesaan sudah paham jenis rebung yang tidak bisa tumbuh dewasa, sehingga harus dipanen ketika muda.


Manfaat Bambu Tali

Senyawa utama di dalam rebung mentah adalah air, yaitu sekitar 91%. Disamping itu, rebung mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Kandungan kalium yang terdapat pada rebung cukup tinggi. Kadar kalium per 100 gram rebung adalah 533 mg. Makanan yang sarat kalium, yaitu minimal 400 mg, sehingga dapat mengurangi risiko stroke.

Manfaat Bambu Tali bagi Kesehatan :

TBC Paru, Batuk Darah, dan Sakit Kerongkongan

Bahan-Bahan :
6-12gr umbi bambu tali kering
1 ½ gelas air

Cara Membuat dan Menggunakan :
Cuci umbi bambu tali hinga bersih kemudian rebus dengan 1 ½ gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa sekitar 1 gelas.
Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Kanker

Bahan-Bahan :
20-40gr umbi bambu tali
3 gelas air

Cara Membuat dan Menggunakan :
Cuci umbi bambu tali hingga bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa sekitar 1 ½ gelas.
Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Nah itulah manfaat bambu tali untuk kesehatan tubuh yang sangat berguna untuk mengobati penyakit seperti diatas agar selalu sehat secara tradisional alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Khasiat Bambu Tali untuk Kesehatan Tubuh